Inilah Gue, Si Perjaka Tanggung (intro, Bagian 1) | Awal Yang Buruk

Proses pendewasaan dari seorang anak lelaki, dimulai dari cinta pertama.


Mungkin bagi sebagian orang, masa kecil itu menyenangkan atau bahkan menyedihkan. Memang banyak hal yang kita dapatkan dari kenakalan-kenakalan yang kita lakukan dulu. Mencari sensasi puncak Adrenalin, was was dan khawatir. Tetapi cerita itu menjadi sebuah kenangan indah, berharga dan kenangan yang tak akan pernah dilupakan seumur hidup kita, termasuk kenakalan yang gua lakukan di masa kecil, remaja bahkan sampai saat ini.



Banyak orang yang menganggap remeh proses pendewasaan, dewasa dalam hal materi menjadi patokan saat ini. Tapi pengalaman hidup memang nggak bisa bohong, belajar dari kesalahan, belajar dari hal hal yang pernah kita lakukan dahulu menjadi lebih penting, karena pendewasaan itu bersumber dari pengalaman yang kita miliki baik pemikiran, mental, ambisi, percintaan dan materi.


Awal Yang Buruk


Tidak terasa liburan dah selesai, gua yang biasanya bangun siang harus kembali menyesuaikan waktu lagi buat bangun pagi; ya....sangat pagi, karena hari ini MOS pertama gua di SMP. "Malas bener mau mandi"

Dua Menit..
Lima menit..
Sepuluh menit... 
Dari tadi gua cuma kedip kedipin mata, sambil tengok ke jendela. Berharap langit masih gelap dan gua bisa lanjut molor lagi. Sepertinya emang gua masih butuh waktu buat ngumpulin nyawa sebelum benar-benar bangun, walaupun mata dah kebuka dari tadi tapi masih aja susah buat beranjak dari kasur. Rasanya berat dan lemas; tinggal daging, kulit dan organ lainnya tanpa tulang.

"Putra....Wis Awan, ndang adus! Jare wis mulai sekolahe?" Teriakan pagi khas dari emak gua dah terdengar, tandanya gua masih punya waktu 15 menit buat bersiap siap. Kebiasaan emak emang bangunin gua 15 menit sebelum waktu yang ditentukan. Karena emang bau guling yang bikin gua ketagihan, atau emang gua nya yang doyan molor jadi susah bangun pagi apalagi kalau dah ketemu guling, dari dulu bahkan sampai saat ini gua nulis cerita ini. 

"Mak, berangkat dulu. Nanti pulang agak sorean, maklum MOS pertama."
gak lupa salim ke emak. beliau bukan emak (ibu) tapi nenek gua karena emang sudah terbiasa panggil emak.

Gua liat jam dinding yang dah nunjukin pukul 05.52. "Delapan menit ya, semoga cukup" pikir gua, bagaimanapun sebelum jam enam tepat gua harus sampai ke sekolah. Gak lucu kalau telat di hari pertama. Gak terasa kaki ini makin cepat dan cepat melewati gang-gang kampung, reflek dan naluri manusia yang dikejar waktu untuk momen penting sekali seumur hidup, Parade Badut SMP (MOS men...) bikin adrenalin gua naik dan memacu kecepatan lebih. Perlengkapan badut yang bikin ribet cuma di slempangin, gak peduli dah kalau rusak yang penting cepat sampai.

Belok kanan, belok kiri, belok kanan, belok kiri dan akhirnya gua sampai di gerbang sekolah baru gua untuk tiga tahun kedepan.

KRIIIINGGGG....

"Sial telat nih! padahal dah sampai gerbang!"
Finally, awal yang buruk, di hari pertama MOS gua dah telat aja. Alhasil, disisa tenaga terakhir gua harus lari lagi dari gerbang ke lapangan tengah buat mengikuti pembukaan MOS. Suasana dah sepi, sepertinya para badut yang lain dah duluan ke lapangan tengah buat pembukaan MOS. Gara-gara atribut gak jelas yang bikin ribet ini gua kehilangan kecepatan buat sprint pagi ke sekolah.

"Yang telat kemari dulu! Cepat!"
"Woy, itu yang pake tas item! Ngapain ke lapangan tengah. Kumpul disini !" tambahnya,
kenceng amat nih cewek teriak, gua liat ke pojokan ada segerombolan badut (sama kayak gua) lagi di tertibkan sama kakak kakak senior. Sial lagi, ketahuan telat juga sama senior, pasrah aja dah menghadap.

"Maaf kak terlambat" 
masih ngos ngos an dan dengan tampang yang basah kuyup kena keringat, gua cuma bisa ngucapin maaf singkat ke Kakak senior cewek ini. "bening juga nih cewek, lumayan cuci mata" batin gua. 

"perlengkapan dipakai, itu telur kemana kok gak di kalungin?!" 
tatapan matanya mblo..., dah bening tajem, sempurna. Gua cuma bengong liatin dia.

"Helloo, malah bengong ini bocah!" tambahnya,

"eh.. maaf kak iya ini dipakai." duh sial makin gugup aja ketahuan bengong. 

Aturan MOS disini unik, kita wajib bawa telur mentah yang dah di cap lalu dimasukin ke dalam plastik dan itu wajib dikalungin sampai acara mos selesai. Kalau Pecah? wah jangan deh bakal sial nasib lu.. hahahaha.... Belum lagi perlengkapan lain seperti topi Bajak Laut, kaos kaki beda warna dan lainnya.

"(nepuk pundak) wih, murid baru dah telat masih aja caper nih!"
"mau jadi playboy disini? tampang kayak angus gitu, hahahhahaha...." tambahnya

sial ini cowok, dateng dateng gak permisi malah bikin ribut; kalau bukan MOS, udah hilang tuh gigi. Padahal tampangnya juga gak cakep cakep amat, menang putih aja tuh kulit aslinya hancur. Pas gua noleh lagi kelihatan kakak cantik cuma ketawa ketawa kecil lihatin gua yang kikuk. Ahh menggoda, jadi pingin ajak ke KUA (inget masih SMP woy) xixixi...

Setelah semua di baris kan dan di data akhirnya rombongan badut telat ini digiring ke lapangan tengah.

"Tia, gua ke belakang dulu. Nih anak anak kalau dah sampai di lapangan lu ajak gabung di barisan belakang aja." 
Cowok usil tadi pun meninggalkan rombongan, entah ke belakang mana moga gak balik dah biar bisa mandang  Kakak antik, Tia.

Kami duduk di belakang, campur cowok cewek dan karena emang acara pembukaannya dah selesai alhasil cuma bisa liat rombongan kakak kelas yang lagi di depan memperkenalkan diri. gua perhatikan satu satu belum ada yang bisa ngalahin si Tia.

"sstttt..."
"ssttt..."
"Mas dipanggil tuh (towel punggung)" 
"oh iya mbak makasih" gua clingak clinguk lihatin siapa tadi yang manggil. 

"ah lu dipanggil malah kek orang bingung mot!"
tiba tiba ini anak udah ada di belakang gua juga. Sohib paling setia nih, namanya Arya, nama panjangnya ribet jadi gua males nyebut, gua sering panggil Lèpes karena emang mirip lapis legit. manis tipis dan dompetnya berlapis lapis hahahaha (sorry bro  )

"jangan kenceng kenceng ngomong nya lu pes, gua dah telat bisa gawat kalau bikin ulah lagi" 
gua jitak kepalanya dan kami pun sama sama ketawa pelan.

"Berani juga lo goda senior pas awal masuk"

"ah goda gimana, cuma terkesima mblooo"

"gua ga jomblo nyet, ngaca kalau mau ngatain orang hhahahaha..." anjir ini anak, bisa aja jawabnya.

Oiya sampe sini kita belum kenalan ternyata, perkenalkan nama gua Putra biasa dipanggil Samot dan sejenisnya. Banyak cerita dari nama panggilan gua ini, dan yang pasti bakal gua kenang dan gua gunakan sampai kapanpun. Gua asli Semarang, bahkan sampai saat ini masih domisili di Semarang Secara fisik gua emang terbilang hitam tapi terawat lah, dan postur yang bantet (pendek berisi) lumayan buat pipi gua tembem menggemaskan hahaha... tapi juga lumanyan nyeremin karena kelas 1 SMP gua dah punya kumis dan jambang dan sampai dewasa pun kayaknya gak ada perubahan. cuma ngerasa lebih garang dengan brewok alami yang kadang sengaja gua biarin gal terawat. 

Dari sinilah petualangan cinta gua dimulai. Cerita SMP gua, 8 tahun yang lalu, bersama wanita-wanita perkasa dan para selir hati. yang mengajarkan banyak hal, pendewasaan dan hal hal yang belum pantas gua dapatkan saat itu. If you know what i mean  

Related Posts

Inilah Gue, Si Perjaka Tanggung (intro, Bagian 1) | Awal Yang Buruk
4/ 5
Oleh